Tuesday 24 January 2017

SEJARAH PONDOK PESANTREN DARUSSALAM



PONDOK PESANTREN DARUSSALAM LOMBOK TIMUR

Pondok Pesantren Darussalam adalah sebuah pondok pesantren yang berlokasi di Dusun Banjar Manis Desa Anjani Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ponpes ini didirikan pada tahun 2002 oleh TGH. Abdul Ma’at Mukmin, Lc, salah seorang Mubaligh dan TOkoh Agama Dusun Banjar manis , yang merupakan pendiri sekaligus pemimpin pertama pesantren Darussalam.
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN
Pondok Pesantren Darussalam berdiri 21 April 2002 di Lombok Timur TGH . Abdul Ma’at Mukmin, Lc. pada saat Ini adalah pendiri sekaligus pemimpin pertama pesantren Darussalam. Berlokasi di Jl.Jurusan Anjani-Tebaban, pesantren tersebut memiliki peran penting bagi perkembangan Ilmu agama dan umum.
Keputusan TGH. Abdul Maat Mukmin, Lc dan didukung Oleh Tokoh agama dan Msyarakat Banjar Manis  untuk mendirikan pesantren dilandasi dengan semangat dalam rangka meningkatkan kualiitas Hidup Masyarakat Dusun Banjar manis melalui pendidikan Agama dan Pengetahuan Umum, mengingat warga Masyarakat Banjar Manis saat itu masih sangat Sedikit yang memiliki pendidikan tinggi.
Pada awal berdirinya, pesantren Darussalam hanya membina kegiatan Diniyah. Materi-materi yang diajarkan terbatas hanya di bidang keagamaan. Begitu pula, bangunan pesantren masih sangat sederhana, hanya untuk pengajaran keagamaan dengan cara halaqah, dimana para murid duduk bersimpuh mengelilingi guru sambil mendengarkan materi keagamaan yang diberikan.
Perkembangan Pondok pesantren Darussalam semakin terlihat setiap waktunya dilihat dari bentuk fisik bangunan dan luluasan-lulusan yang dicetaknya  Selain itu, pembaharuan yang dilakukan Pengurus Ponpes Darussalam adalah memperkenalkan sistem klasikal / madrasah pada sistem pendidikan tradisional dengan sistem kelas berjenjang. Mulai dari Raudlatul Athfal (RA), SMP Islam 3 tahun dan SMK Islam 3 Tahun.
Modernisasi pesantren Darussalam terus berlangsung sejalan dengan perkembangan masyarakat sekitar. Kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan yang makin beragam – yang tidak hanya terbatas dibidang keagamaan – senantiasa memperoleh perhatian yang sangat besar dari pengelola pesantren Darussalam pada periode berikutnya. Oleh karena itu, saat ini pesantren Darussalam tidak hanya mendirikan lembaga pendidikan islam madrasah, tapi juga lembaga pendidikan umum. Pesantren yang berlokasi di Banjar Manis-Anjani memiliki SMP dan SMK, yang menggunakan kurikulum dari Kementrian Pendidikan.

Sebagaimana pesantren lainnya, pesantren darussalam Banjar Manis-Anjani juga mengembangkan ciri khas untuk menyedot para santri dari daerah sekitarnya. Adapun ciri khas pesantren ini :
  • Kurikulum pesantren mengacu pada kitab kuning, sementara sekolah menggunakan sistem klasikal.
  • Pesantren memiliki hubungan sangat dekat dengan masyarakat (community based institution), sehingga Darussalam sekaligus berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan – kegiatan sosial keagamaan masyarakat.
PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
Pesantren Darussalam yang merupakan pesantren pioneer di wilayah Kabupaten LOmbok Timur memiliki sejumlah pendidikan formal. Mulai dari Ibtidaiyah, hingga perguruan tinggi berjejer di pesantren tersebut. Adapun lokasinya khusus di jalan Perwira Komplek Pangeran Antasari Banjar Manis-Anjani, yang juga sekarang di tambah dengan pendidikan ekstra kurikuler Ula’ dan Wustho Salafiyah pada tempat dan waktu belajar tersendiri. Sedangkan untuk pendidikan diniyah, pesantren menerapkan kurikulum tersendiri.
Sebagaimana pesantren lainnya, pesantren Darussalam Banjar Manis-Anjani juga sangat memperhatikan pengembangan minat dan bakat para santri. Untuk itu Darussalam juga menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler antara lain : English Club, Arabic Club, Bela Diri, Khot imla dan Kajian Kitab
KEGIATAN EKONOMI
Ponpes  Darussalam juga menyelenggarakan kegiatan ekonomi :
  • Kopontren Darussalam
  • Toko Kitab
  • Darussalam Bussines Center
  • RSI Citra Gul e-Rana NTB

0 comments:

Post a Comment