Tuesday 7 March 2017

Sejarah SMK Islam Darussalam


SMK Islam Darussalam Merupakan Salah Satu Sekolah Menengah Kejuruan yang bernanung di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Yang berlokasi diwilayah dusun banjar  Desa Anajani Kec. Suralaga Kab. Lombok Timur.
Mengingat Sekolah Menengah kejuruan di Lombok timur  Masih sangat jarang dan peminat SMK pada waktu itu sangat banyak sekali dan Seiring   Perkembangan Teknologi yang semakin pesat menjadi faktor utama Pondok Pesantern Darussalam mengembangkan Lembaga pendidikan yang awalnya Sejak tahun 2002 hanya mengelola SMP islam Darussalam kemudian berinisiatif mengembangkan Lembaga Pendidikan yang dikelolanya sehingga terbentuknya SMK islam Darussalam.
SMK Islam Darussalam berdiri pada tanggal 01 Juli 2007 yang diperakarsai Oleh Pimpinan Ponpes Darussalam yaitu TGH. Abdul Maat Mukmin, Lc Mengembangkan Komptensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dan Seiring perkembangan dan tuntutan dari Masyarakat SMK Islam Pada tahun Ajaran 2017/2018 SMK islam Darussalam Kembali Membuka Juruasan Baru yaitu Multimedia
Hingga saat ini SMK Islam Darussalam Sudah Meluluskan 7 Angkatan sejak 2002 Sampai Dengan Saat ini.
Lulusan –lulusan SMK Islam Darussalam banyak yang melanjutkan pendidikanannya ke perguruan tinggi baik dalam Daerah Maupun Diluar Daerah.
Untuk memperluas jaringan dan Kualitas Lululsan SMK Islam Darussalam Berafaliasi dengan berbagai Lembaga pendidikan dan perguruan tinggi untuk menyalurkan para Alumni –alumni yang berkeinginan melanjutkan pendidikannya. Diantara perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan SMK Darussalam Diantaranya : Universitas Hamzanwadi Selong, STTH Hamzanwadi Pancor , STMIK NW Anjani, Universitas Mataram, ASM/AMIKOM Mataram, Universeitas Muhammadiyah Mataram, STIA Muhammadiyah Selong UIN Sunan Ampel Surabaya, STIKES Surya Global Yogyakarta, AMA Yogyakarta , Universitas AL MA’Ata Yogyakarta dll.
            SMK Islam Darussalam juga melaksanakan Pendidikan Formal Dengan Biaya Gratiss Untuk membantu Maysarakat yang kurang mampu.
            Sampai dengan saat ini SMK Islam Darussalam Juga memiliki Usaha yang Dianamakan Dengan ‘DARUSSALAM BUSSINESS CENTER” yang memiliki jenis usaha diantaranya jasa Servis Komputer, Instalasi OS dan Program Aplikasi, Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Komputer, Menjual Acsesoris Komputer dan Jaringan.
               kegiatan usaha di DARUSSALAM BUSSINESS CENTER ini dijalankan oleh siswa dengan sistem bagi hasil. melalui kegiatan usaha inilah sekolah mampu memberikan kontribusinya dalam hal persiapan memasuki dunia kerja dan mengasah kemampuan praktik siswa.

1 comment: